UP
    Latest News

Helikopter Terbesar Di Dunia

Helikopter Terbesar Di Dunia
Pesawat terbang Anda sudah tahu, burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter, inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung. Entahlah, yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa dikendalikan layaknya glider tak bermesin - dengan cara yang benar tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya, tapi helikopter? Jika mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan, mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster raksasa di udara.


Dewasa ini helikopter-helikopter ini dibuat semakin besar sesuai dengan kebutuhannya terutama untuk mengangkut logistik perang, kargo udara, dan penanganan bencana.


Sekali mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.

 
Sebuah heelikopter jenis NH90 jatuh di Bracciano Lake, Itali. More info; photo by David Cenciotti

Tapi manusia tidak menyerah dan terus berusaha sehingga saat ini bisa dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman pesawat terbang biasa.

 
Helikopter di Alaska yang mencoba menarik kapal dengan sebuah tali yang panjangnya 600ft dengan posisi hidungnya yang bersudut 25 derajat ke bawah. Foto by Ted Veal

Bahkan mereka membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.



Tidak seperti pesawat biasa, Lomba membuat helikopter-helikopter berukuran besar dimulai setelah Perang Dunia II. Seperti halnya banyak teknologi mesin terbang, helikopter mengalami kemajuan pesat menjadi lebih berfungsi dan aman. Sementara itu, di awal tahun 40-an mesin terbang cukup beruntung bisa terbang di udara - tanpa membunuh pilotnya.

Awalnya belum berlangsung begitu lama. Di tahun 50-an muncul desain-desain helikopter radikal, baik yang disponsori oleh Amerika maupun Uni Soviet. Salah satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook yang dikenal tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di akhir tahun 50-an dan bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan angkutnya.

 
"Helicopters are coming!" in Look Magazine, May 18, 1954, source

Saat ini versi modern dan terbarunya masih digunakan di seluruh dunia. Terbukti mampu menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak mungkin atau sulit dijangkau. Chinook mampu mengangkut kargo seberat 28.000 pounds (14 ton).


Helikopter-helikopter Monster Soviet

Raksasa lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet Mikhail Mil . Dibuat di tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti monster. Meski bentuknya tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang bawaan seberat 26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling populer di Soviet dan hingga kini beberapa diantaranya masih digunakan.



 
Gambar oleh Bernhard Pethe, via Scale Rotors

Meski Chinook kelihatan aneh dan Mi-6 begitu besar, sosok helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat tidak lagi mementingkan ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin aneh. Lihatlah sosok Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki monsternya yang mencolok, jadinya mirip capung raksasa.






Bukan Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer. Hehe.


 
(gambar via 1, 2)

CH-54 Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:

Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:


 
(Gambar credit: Didier Peillon, Scale Rotors)

Fairey Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai "Airline dengan vertical take-off pertama di dunia" (proyeknya dihentikan 1962) dan merupakan airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter: New York Airways, 1953



"Pada 8 Juli 1953, perusahaan New York Airways menjadi yang pertama kali melayani penumpang dengan menggunakan helikopter. Beroperasi seperti dengan gaya sebuah perusahaan bis, helikopter-helikopter ini terbang dari lokasi-lokasi seperti La Guardia Airport, New York International Airport, Neward Airport, West 30th Street di Manhattan, White Plains, dan Stamford sepanjang hari"

Helikopter Terbesar Sepanjang Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh

Selain capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:





Memang monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia. Seberapa besar ? Lebarnya sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.


"Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan."

Mi-26: Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi

 
(Gambar via: Marty North)

Jangan coba-coba mendekati monster yang satu ini ketika baling-balingnya berputar. Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa diterbangkan seperti daun. Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya "Halo", mega helikopter ini mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah laboratorium di udara, atau sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan ruang.

Saat dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat modelnya berikut ini:
 
(Gambar oleh: Henry Ludlam, Scale Rotors.)

Lihat chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar dibanding dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah tidak terbang lagi.

 


Mi-26 sedang mengangkut Mi-10 dengan tali:
 
(Gambar oleh: Avia Star.)

Di bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:
 
(Gambar oleh: Avia Star.)

Mi-26 mengangkut MH-47e Chinook di Afganistan (gambar kiri), detail oleh Snopes di sini.


"Bulan November 2003, koalisi pimpinan Amerika menjalankan Opersi Mountain Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar, Afganistan. Foto saat operasi di atas diambil oleh sersan Greg Heath dari US Army. Chinook mendarat untuk menjemput tawanan Afganistan yang ditangkap oleh US Mountain Division ke-10."
 

7 Keajaiban Kuno Di Dunia

7 Keajaiban Kuno Di Dunia
1. Colossus Rodos
Colossus Rodos adalah patung Helios, yang terletak di pulau Rodos, Yunani, dibuat oleh Chares dari Lindos antara 292 dan 280 SM. Patung ini dianggap sebagai 7 keajaiban dunia kuno. Sebelum kehancurannya, patung ini berdiri lebih dari 30 meter, membuatnya sebagai patung tertinggi dalam dunia kuna. Colossus Rodos memiliki tinggi yang hampir sama dengan Patung Liberty.

Colossus Rodos
2. Taman Gantung Babilonia
Taman Gantung Babilonia adalah salah satu di antara tujuh keajaiban dunia kuno. Taman ini dibangun oleh Nebukadnezar II sekitar tahun 600 SM sebagai hadiah untuk istrinya, Amyitis. Lokasi taman ini sekarang berada di negara Irak.

Taman Gantung Babilonia
3. Mausoleum Maussollos
Mausoleum Maussollos atau Mausoleum Halicarnassus, adalah makam yang dibangun antara 353 dan 350 SM di Halicarnassus (Bodrum, Turki kini) untuk Mausolus, satrap kekaisaran Persia dan Artemisia II dari Caria, istrinya. Struktur ini didesain oleh arsitek Yunani, Satyrus dan Pythius.[1][2] Mausoleum ini memiliki tinggi sekitar 45 meter.

Mausoleum Maussollos
4. Mercusuar Iskandariah
Mercusuar Iskandariah atau Pharos Alexandria (dari bahasa Yunani o Φάρος της Αλεξάνδρειας) adalah sebuah mercusuar yang dibangun pada abad ke-3 SM di pulau Pharos berdekatan dengan kota Iskandariah kuna, Mesir Kuno. Ketinggiannya diperkirakan melebihi 115 meter dan merupakan antara struktur tertinggi ciptaan manusia selama beratus-ratus tahun. Antipater dari Sidon telah menyenaraikannya dalam senarai Tujuh Keajaiban Dunianya.

Mercusuar Iskandariah
5. Piramida Agung Giza
Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu (Χεωψ, Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM.[1] . Piramida ini terkadang disebut sebagai Piramida Khufu

Piramida Agung Giza
6. Patung Zeus
Patung Zeus di Olympia adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Patung ini dibuat oleh skulptor terkenal, Phidias (abad ke-5 SM) kira-kira tahun 432 SM di Olympia, Yunani. Patung yang terduduk, yang memiliki tinggi sekitar 12 meter, mengisi seluruh Kuil Zeus yang dibangun sebagai rumah patung ini. Penyebab kehancuran patung ini hingga kini masih diperdebatkan.

Patung Zeus
7. Kuil Artemis
Kuil Artemis adalah kuil Yunani yang didirikan untuk Artemis, sekitar 550 SM di Efesus dibawah dinasti Achaemenid dari kekaisaran Persia. Kuil ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno. Kini, kuil ini telah hancur.

Kuil Artemis

Cara Membuat Efek Bunga Mekar Di Blog

Cara Membuat Efek Bunga Mekar Di Blog

Berikut langkah Cara Membuat Efek Bunga Mekar Di Blog
1. Log in ke Blogger
2. Rancangan
3. Tambah Gadget
4. HTML/Javascript
5. Copy kode berikut ke dalam HTML/Javascript

<script language="javascript">
nd_mode="flowers";
nd_vAlign="bottom";
nd_hAlign="right";
nd_vMargin="10";
nd_hMargin="10";
nd_target="_blank";
</script>
<script language="javascript" src="http://tateluproject.googlecode.com/files/efek.js"></script>

Demikian Cara Membuat Efek Bunga Mekar Di Blog

7 Bandara Paling Di Benci Di Dunia

7 Bandara Paling Di Benci Di Dunia
Ada suatu bentuk kebencian khusus untuk sebuah bandara yang memaksa Anda untuk mengangkat sepatu Anda, menunggu dalam antrean, dan berlari dengan panik ke gerbang serta pembatalkan penerbangan Anda.
 
Tapi perlu dijelaskan, Bandara yang paling dibenci di dunia bukan berarti  bandara yang terburuk di dunia. Punya cerita sendiri tentang bandara yang paling anda benci? Tinggalkan komentar di bawah artikel ini.
 
Inilah 7 Bandara yang sepertinya sangat dibenci oleh para pengguna jasa transportasi pesawat udara.

 

1. Bandara Paris-Charles de Gaulle, Paris, Prancis

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Bagi banyak penumpang, bandara ini sudah bertahun-tahun dijuluki bandara yang paling dibenci di dunia.
Tidak sedikit penumpang yang mengeluhkan: toilet yang kotor (termasuk alas kursi toilet yang tidak tersedia di hampir seluruh toilet). Mesin scanner tiket yang sering error atau tidak berfungsi, panduan petunjuk jalan untuk penumpang yang tidak jelas, monitor informasi keberangkatan yang sering mati. Penumpang berdiri dalam antrian yang tidak berujung. Petugas-petugas bandara yang sombong dan sering merendahkan penumpang.
“Jika Anda transit atau terbang dari bandara ini anda seolah berada dalam tahanan polisi,” kata seorang tamu asing yang memberikan pendapatnya, setelah beberapa jam dalam proses pemeriksaan.

 

2. Bandara Internasional Los Angeles, Los Angeles, Amerika Serikat

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Meskipun tidak terlalu besar, di bandara ini setiap harinya mendarat dan terbang 1700-pesawat. Bandara kecil berbentuk donat ini memiliki delapan terminal yang terhubung oleh kemacetan lalu lintas kota yang luar biasa padat.
Bagi banyak penumpang asing, transit di bandara ini tidak ubahnya seperti “jogging ditemani aroma knalpot mobil.” Selamat ber-jogging di Los Angeles!

 

3. Bandara London Heathrow, London, Inggris

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Lelucon penumpang yang sempat mampir ke bandara London Heathrow: “diperlukan waktu lebih lama untuk keluar dari bandara Heathrow ketimbang penerbangan dari Madrid ke London.”
Bandara ini tidak sanggup berurusan dengan begitu banyak calon penumpang. Rencana pembangunan terminal ke-6 lebih merupakan ancaman daripada pemecahan masalah. Situasi di tempat parkir merupakan satu-satunya yang diberi nilai oleh penumpang dengan nilai “cukup”.
Segel kopor yang sering rusak, antrian pemeriksaan keamanan yang penuh dan tidak teratasi, pengumuman “panggilan terakhir untuk penumpang pada penerbangan…” yang nyaris tidak berhenti dan mengganggu saraf, ditambah situasi penumpang yang berlari-lari mengejar waktu boarding, merupakan deretan nilai merah dari para penumpang.

 

4. Bandara Toncontin Internasional, Tegucigalpa, Honduras

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Umumnya, bagi sebagian besar calon penumpang, bandara yang buruk diukur dari: kotornya bandara, petugas bandara yang kasar, proses keberangkatan dan kedatangan yang panjang.
Pernahkah Anda membayangkan, pesawat yang Anda tumpangi harus mendarat pada landasan yang curam? Jika belum, sempatkan untuk mampir ke bandara Toncontin!
Dikeliling pegunungan yang terjal, yang terletak 957 meter di atas permukaan laut, landasan pada bandara Toncontin terbilang sangat curam dan bergelombang. Landasan di bandara ini berbentuk seperti mangkuk yang terletak di sebuah lembah.
History Channel pernah menyebut bandara ini sebagai bandara paling berbahaya kedua di dunia (setelah bandara Tenzing-Hillary di Himalaya).

 

5. Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Di mata penumpang pada tahun sebelumnya, bandara ini telah mendapatkan predikat, bandara terburuk untuk transit inap“.
Dan sekarang, predikat tersebut dilengkapi dengan kenyataan-kenyataan pahit: atap Terminal 1 yang telah runtuh, aksi demonstrasi dan protes dari petugas di Terminal 2, peristiwa koper penumpang yang sering hilang, toilet yang kotor, tempat duduk yang sangat terbatas (harus mengantri atau berebut dengan penumpang lain), botol air bekas yang “terang-terangan” disegel ulang untuk dijual kembali di toko-toko, lift yang rusak, sampai biaya cukai yang bisa naik-turun sesuai selera petugas.

 

6. Bandara Internasional Jomo Kenyatta, Nairobi, Kenya

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Seorang calon penumpang menulis: “Untuk ukuran Afrika bandara ini memang tidak terlalu buruk, tetapi ukuran internasional, merupakan salah satu yang terburuk .”
Meskipun semenjak 2005 sudah diperluas dan dimodernisasi, sampai menelan biaya 100 juta dolar AS, Bandara ini masih sangat sempit. Belum lagi antrian panjang di gerbang check-in penumpang, tempat duduk yang tidak mencukupi, listrik yang sering padam, kamar mandi yang sangat kecil (yang hanya bisa ditemukan setelah perjuangan naik turun beberapa lantai), Duty-Free-Shops yang terbilang kumuh sampai restoran yang kelewat mahal.

 

7. Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat

10 Bandara Paling Dibenci di Dunia
Dengan umur terminal yang rata-rata 50-tahun-an, bandara John F. Kennedy harus bertahan dengan catatan hitam dari penumpang: bandara dengan petugas yang paling tidak ramah. Ketidak-ramahan petugas sering membuat penumpang salah informasi. Belum lagi fasilitas taksi di bandara yang begitu terbatas.
 
 

Cara Membuat Efek Banjir Di Blog

Cara Membuat Efek Banjir Di Blog

Berikut langkah Cara Membuat Efek Banjir Di Blog
1. Log in ke Blogger
2. Rancangan
3. Tambah Gadget
4. HTML/Javascript
5. Copy kode berikut ke dalam HTML/Javascript

<script language="javascript">
nd_mode="flood";
nd_vAlign="bottom";
nd_hAlign="right";
nd_vMargin="10";
nd_hMargin="10";
nd_target="_blank";
</script>
<script language="javascript" src="http://tateluproject.googlecode.com/files/efek.js"></script>

Demikian Cara Membuat Efek Banjir Di Blog

7 Hewan Tercepat Di Dunia

7 Hewan Tercepat Di Dunia
1. CHEETAH - 70 Mil/jam (112 Km/jam)
Cheetah adalah mahluk hidup tercepat yang pernah hidup didaratan, bisa mencapai kecepatan 112 km/jam sampai 120 km/jam hanya pada lintasan sepanjang 460m (500yard), kemampuannya berakselerasi juga tidak bisa ditandingi mahluk hidup apapun, cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 km/jam sampai 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik!
2. ANTELOP - 61 Mil/jam (80 Km/jam)
Binatang ini juga ditenggarai sebagai second fastest animal di dunia, kecepatan maksimal binatang ini sangat sulit untuk dipastikan secara akurat, itu karena tiap individu binatang ini memilik kemampuan yang berbeda beda, binatang ini juga memiliki kemampuan sprint lebih lama karena didukung ruang paru paru dan jantung yang lebih besar.

3. WILDEBEEST - 50 Mil/jam (80 Km/jam)
Wildebeest adalah binatang lain yang menyandarkan hidupnya pada kecepatannya untuk menghidar dari pemangsa, binatang ini adalah makanan favorit kucing besar, itu karna habitat Wildebeest didaratan terbuka Afrika, mreka adalah komunitas terbanyak yang bisa hidup sampai 20 tahun
4. SINGA - 50 Mil/jam (80 Km/jam)
Raja dari segala pemburu, Singa, tidak perlu memiliki kecepatan untuk menjadikan dirinya sebagai yang terbaik diantara yang terbaik, dalam berburu untuk melangusngkan hidupnya, mayoritas dikerjakan oleh singa betina, namun singa jantan yang emosi bisa berlari mencapai kecepatan 80km/jam
5. RUSA THOMPSON - 50 Mil/jam (80 Km/jam)
Dinamai setelah penemunya, Joseph thompson, Rusa Thompson diakui di dunia sebagai rusa terbaik, baik dari segi bentuk fisik, kecepatan, juga kecerdikannya dibanding jenis rusa lainnya, dalam rangka menghindari musuh utamanya cheetah, rusa ini bisa mencapai kecepatan 80 km/jam disertai dengan pergerakan zigzag yang membingungkan, rusa ini juga memilik ketahanan lebih baik dari cheetah (ibarat motor, rusa thompson bahan bakarnya lebih irit).
6. KUDA - 47,5 Mil/jam (76 Km/jam)
Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse, mendapatkan namanya “quarter’ karna dalam pacuan kuda bisa memimpin pacuan hampir seperempat panjang trek (misal lintasan 100 mtr, kuda ini bisa finish 25 meter didepan peringkat ke dua) dari kuda jenis biasa lainnya, kuda ini bisa mencapai kecepatan maksimal 76 km perjam.
7. RUSA BESAR - 46 Mil/jam (73,6 Km/jam)
Rusa ini sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua didunia, dan juga salah satu mamalia terbesar di amerika utara dan asia timur, berbeda dengan binatang berkecepatan tinggi lainnya, binatang ini justru menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa, tp bagaimanapun, melihat ukuran dan kecepatannya, banyak predator sekalipun lapar, lebih suka mengurungkan niatnya untuk memburu rusa ini.