UP
    Latest News

Mengenal Lebih Dekat Jembatan Cincin Jatinangor

Mengenal Lebih Dekat Jembatan Cincin Jatinangor



Jembatan Cincin dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda yang bernama Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf pada tahun 1918. Jembatan Cincin ini pada mulanya dibangun sebagai penunjang lancarnya kegiatan perkebunan karet. Jembatan ini berguna untuk membawa hasil perkebunan.

Pada masanya, jembatan ini menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat. Dan sekarang ini jembatan cincin telah beralih fungsi sebagai jembatan penyebrangan penduduk setempat dan para mahasiswa yang tinggal di sana (kost).

Bila kita sedang berjalan-jalan di kampus Unpad Jatinangor dan kebetulan melewati Fakultas Komunikasi, dan bila kita menghadap ke sebrang, kita akan melihat sebuah jembatan tua yang cukup menarik perhatian. Jembatan tersebut sudah terlihat sangat tua, dan oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan nama Jembatan Cincin.

selain sebagai tempat nongkrong, dan penyambung jalan desa, jembatan cincin juga sering digunakan untuk rapling.





Jembatan Cincin dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda yang bernama Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf pada tahun 1918. Jembatan Cincin ini pada mulanya dibangun sebagai penunjang lancarnya kegiatan perkebunan karet. Jembatan ini berguna untuk membawa hasil perkebunan. Dan pada masanya, jembatan ini menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat.



kondisi saat ini
Nasib Jembatan Cincin tidak berbeda jauh dengan nasib Menara Loji. Tidak adanya instansi yang mau menangani perawatan situs-situs bersejarah ini. Baik Pemda Sumedang maupun PT KAI (Kereta Api Indonesia) – dua pihak yang cukup berkepentingan dengan Jembatan Cincin – menyatakan bahwa pemeliharaan Jembatan Cincin tidak termasuk dalam tanggungjawabnya. Menurut PT KAI, jembatan ini tidak pernah diperbaiki karena sudah tidak digunakan lagi. Sedangkan menurut Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemda Sumedang, perawatan bangunan bersejarah tidak termasuk dalam tanggung jawab dinas tersebut karena dinas ini hanya bertugas memperhatikan dan membina nilai-nilai budaya.
Walaupun sudah tidak mendapatkan perawatan, Jembatan Cincin sampai saat ini masih memberikan manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Jembatan ini masih digunakan oleh masyarakat sebagai jalan penyambung antara Desa Cikuda dan Desa Cisaladah, dan juga digunakan oleh mahasiswa yang tinggal atau pun kost di daerah Cikuda untuk menuju kampus Unpad.

sumber: http://haxims.blogspot.com/2010/01/mengenal-lebih-dekat-jembatan-cincin.html

Prosesi Pembakaran Mayat

Prosesi Pembakaran Mayat
1. Sebelum dibakar, mayat dimasukan dulu ke sebuah mesin pendingin, sampai benar-benar layak untuk di bakar


2. Setelah layak untuk dibakar, petugas akan memeriksa seluruh barang yang melekat ditubuh mayat. Kalau ada benda berhagranya, nanti akan menjadi milik ahli warisnya/ keluarga yang ditinggalkan.


3. Petugas mulai menyiapkan Oven pembakaran (saya ga tau apa namanya)


4. Kita bisa lihat, sekarang proses pembakaran itu sedang berlangsung. Mayat dibakar dengan suhu antara 1400 – 1800 derajat Fahrenheit. Berapa Celcius tuch!!! Ayo… yang pinter Fisika dihitung!!


5. Mayat yang dibakar, ternyata tidak semuanya langsung hancur menjadi abu, tapi masih dalam bentuk serpihan2 kaya gitu…. Beberapa tulang yang keras seperti tulang panggul, masih bisa dikenali.


6. Agar serpihan tadi berubah menjadi abu, maka selanjutnya dimasukkan ke sebuah mesin penggiling khusus.


6. Sekarang, Abunya sudah siap untuk dikirim ke keluarganya.

Cara semacam ini sudah mulai diminati warga Florida. Dengan cara seperti ini, mereka udah ngga perlu lagi repot2 mikirin biaya sewa tanah “kavling” yang harganya emang mahal. Blom lagi, sekarang ini mayatpun harus terancam “deportasi” hehehe…. salah, maksudnya penggusuran!! klo ga bisa bayar sewa, ya… siap2 aja digusur ato kena tumpang tindih.

sumber: http://haxims.blogspot.com/2010/01/mengintip-prosesi-pembakaran-mayat.html

AVILA, Sejarah Kota Bertembok Raksasa

AVILA, Sejarah Kota Bertembok Raksasa
Ávila adalah sebuah provinsi dari pusat-barat Spanyol, di bagian selatan dari komunitas otonom dari Kastilia dan León. Di sebelah selatan Berbatasan dengan provinsi Toledo dan Cáceres, di sebelah barat oleh Salamanca, di utara oleh Valladolid, dan di timur oleh Segovia dan Madrid. Ávila has a population of 165,138 (2002). Ávila memiliki populasi 165.138.

Kota ini 1.117 meter (3.665 kaki) di atas permukaan laut, ibukota provinsi tertinggi di Spanyol. Dibangun di atas puncak bukit yang berbatu, di tengah-tengah padang gurun yang benar-benar: cokelat, kering, tanpa pohon, berserakan dengan batu-batu besar berwarna abu-abu, dan tertutup oleh pegunungan tinggi. Hal ini menyebabkan iklim yang ekstrim, dengan sangat keras dan musim dingin yang panjang, dan musim panas yang pendek.



Old Town of Ávila


Old Town of Ávila

Ávila merupakan kota kuno yang dikenal sebagai Abula, disebutkan oleh Ptolemeus dalam Geographia (II 6, 60) yang terletak di wilayah Iberia Bastetania. Abula disebutkan sebagai salah satu kota pertama di Hispania yang dikristenkan , khususnya oleh Saint Secundus (San Segundo).

Ávila paling dikenal pada abad pertengahan sebagai kota bertembok raksasa, dibangun dengan bahan granit coklat di 1090: diatasi dengan pertahanan, dengan delapan puluh delapan menara dan sembilan gateway, mereka masih dalam kondisi perbaikan, tetapi sebagian besar kota terletak di luar batas mereka. Dibangun antara abad ke-12 dan ke-14, dan memiliki penampilan sebuah benteng, dengan diperangi dinding dan dua menara padat. Berisi banyak patung-patung dan lukisan yang menarik, selain satu perak baik terutama mengadakan percobaan, karya Juan de Arfe, berasal dari tahun 1571. Gereja-gereja San Vicente, San Pedro dan San Segundo merupakan fitur utama mereka, Romawi dari abad ke-12. Dalam Gothic Biara Santo Tomás, yang didirikan oleh Catholic Ratu Isabella pada 1482, adalah monumen marmer penting, diukir oleh Florence abad ke-15 pematung Domenico Fancelli, di atas makam Pangeran John, satu-satunya anak Ferdinand dan Isabella.


Pangeran John


Catholic Ratu Isabella


Patung Domineco Fancelli


Gerbang Alcázar's

Makanan khas Ávila termasuk domba panggang, babi, dan veal steak. Ávila juga terkenal dengan yemas de Santa Teresa - kuning telur permen dinamai santo pelindung.


Pemandangan kota ini menurut saya sangat-sangat Menakjubkan, Sampai-sampai saya tidak dapat mengedipkan mata sedetik pun :


Lengkap melihat dari Walls of Ávila


Pandangan bagian dari dinding


Sisi barat laut Walls of Ávila


Ávila di musim dingin (Februari)


Monumen Romawi tahu sebagai "Los Cuatro Postes"


Roman reruntuhan.


Prasasti didedikasikan untuk G. Antonius daugeti filius in the wall of the city.filius di dinding kota.



Jardín de El Soto

Cathedral of Ávila
Cathedral Ávila di selatan Old Kastilia, Spanyol, ini direncanakan sebagai katedral-benteng, Dan Apse, Yaitu sebagian gereja yang menonjol dan berbentuk setengah bundar menjadi salah satu menara dari tembok kota. Cathedral Ávila dikelilingi oleh sejumlah rumah atau istana, yang terpenting adalah: Istana Malam (the Palace of the Evening), Istana Raja Bayi(the Palace of the Infant King), Istana Valderrábanos (the Palace of Valderrábanos), yang bertanggung jawab untuk pertahanan Puerta de los Leales (The Gate of the Loyal Ones) juga dikenal sebagai La Puerta del Peso de la Harina (The Flour Road Gate).

Apse dari Ávila Cathedra

Tidak diketahui pasti kapan pembangunan Katedral dimulai, ada dua teori. Satu menyatakan bahwa Alvar Garcia dimulai pembangunannya tahun 1091 dalam sisa-sisa dari Gereja Penyelamat, yang berada di reruntuhan akibat serangan Muslim berturut-turut, dan bahwa Alfonso VI dari Kastilia mengangkat uang yang diperlukan untuk membangunnya. Sejarawan lain percaya Katedral dipersembahkan untuk menjadi karya sang maestro Fruchel pada abad kedua belas bertepatan dengan repopulation dari Castille dipimpin oleh Raimundo dari Borgña.

Ávila Cathedral.

Dari abad ketiga belas adalah tahap pertama dari menara dan gang-gang dan dari abad keempat belas tahap kedua menara, biara, kubah dan penopang terbang. Sudah di abad kelima belas katedral itu selesai dan tahun 1475 dibangun Juan Guas jam mekanis.

sumber: http://haxims.blogspot.com/2010/01/avila-sejarah-kota-bertembok-raksasa.html

8 Limusin Paling Unik di Dunia

8 Limusin Paling Unik di Dunia
1. Pink Hummer Limo
Limusin ini memiliki Tiga TV, lampu2 laser, strobo, sound system dengan daya 1800 watt (wow), Lantai Diskotik, cahaya bintang, lampu optik, interior kulit warna pink, 22 "alloy Chrome. Sangat populer di kalangan ladies2 yang senang berpesta sambil berkeliling kota.

2. World's Longest Limousine
Limusin ini memiliki total panjang 100 meter (lebih dari 30 meter!). Limusin Ini memiliki 26 ban, ruang untuk banyak penumpang, sebuah Jacuzzi air panas, matahari dek, kolam renang, beberapa tempat tidur dan ... sebuah helipad!

3. Dual-nosed Escalade Limousine
Limosin ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama WeirdTruck yang menggabungkan sepasang 1998 Chevy 3500-seri truk. Interior sudah diatur bergaya limusin sport besar berbentuk U bangku, booming sound sistem, dan video proyektor dengan layar 50-inci. Di luar, satu set Dubs dan 1st-gen Escalade konversi kit untuk kedua ujung depan tampilan lengkap.

4. Prius Limousine
Sebuah limusin yang memiliki 6 pintu dan 10 tempat duduk. Toyota Prius dibuat oleh seorang warga negara kanada dengan cara yang lebih smart daripada kebanyakan orang lain.

5. KAZ, the electric Limousine
KAZ adalah project kerjasama antara itali dan jepang untuk membuat sebuah limusin electrik. Keio Advanced Zero-Emissions adalah kepanjangan dari KAZ. Untuk membuat limusin ini dibutuhkan waktu 5 tahun dan menghabiskan 4 juta dolar (wow!) tetapi hasilnya sangat mengesankan. Limusin ini punya 6 mesin elektrik untuk menjalankan 6 roda di limusin ini, setiap mesin menghasilkan 74 hp dan torsi 74 lb-ft. Itu berarti limusin ini dapat melaju dari 0 sampai 62mph hanya dalam 7 detik, dan mencapai 1/4 mil hanya dalam 15 detik! Top speed dari limusin ini adalah 193,3 km/h!

6. Skoda Limousine
Limusin ini adalah technology dari republik Chezh untuk mereka yang senang sampanye dan bir. Apa yang mengejutkan dari limusin ini adalah tangki bensinnya dari sebuah tangki bensin sepeda motor, yang mana hanya mampu membawa limusin ini sampai sejauh 30km. "Ya, itu saja cukup untuk membawa kita ke dan dari pub," kata Michal Dvorak, 20, salah satu orang yang terlibat dalam pembuatan limusin ini.

7. Corvette Limousine
Limusin kelihatan sangat panjang, tapi sebenarnya panjangnya hanya tujuh meter (23 kaki). Pasti ketinggian Corvette yang menipu setiap mata yang melihatnya.

8. Beetle Limousine
Bagian dalam limusin memiliki semua fitur limusin pada umumnya. Memiliki bar, Champagne coolers, cermin langit-langit dengan lampu bersinar, Sebuah layar privasi dengan VW Beetle memotong kaca dan lampu, lampu neon bar yang dapat berubah warna. Memiliki TV layar datar dan sistem DVD dan CD sistem stereo, udara dan kaca privasi. Limusin ini dapat menampung 6 penumpang dengan mesin 1,8L turbo.


sumber: http://haxims.blogspot.com/2010/01/8-limusin-paling-unik-di-dunia.html