UP
    Latest News

Dokter yang Membedah Dirinya Sendiri

Dokter yang Membedah Dirinya Sendiri

Bisa dibilang, sang dokter melakukan pembedahan 'swalayan'. Seorang dokter yang ditempatkan di ekspedisi Antartika pada tahun 1961 melakukan operasi usus buntu sendiri. Pilihan itu ia ambil karena sulitnya situasi. Cuaca yang memburuk menyulitkan untuk mengontak bantuan, sedangkan ia hanya satu-satunya dokter di sana. Demam dan rasa sakit di perut kanan bawah membuatnya terpaksa melakukan operasi usus buntu pada dirinya sendiri.

Dibantu oleh rekan-rekannya satu tim, seorang insinyur dan seorang meteorolog, pada malam hari ia membedah dirinya sendiri, dengan bius lokal dan alat-alat medis yang ada di di pos tersebut. Ia membuat sayatan sepanjang 12 cm, menyuntikkan antibiotik sendiri ke rongga perut, dan mengeluarkan usus buntu yang meradang. Sang dokter berhenti sejenak setelah sekitar 30 menit mengoperasi karena merasa pusing dan penghliatannya sama-samar. Dan setelah itu ia melanjutkan kembali operasinya. Operasi berlangsung sekitar 1 jam. Sang dokter berkebangsaan Rusia itu pun pulih dalam 5 hari, dan 2 hari berikutnya jahitan opersinya dilepas.

sumber: http://fotounikaneh.blogspot.com/2010/01/dokter-membedah-dirinya-sendiri.html

Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern

Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
Kadang kesuksesan datang dari arah yang tidak kita perkirakan sebelumnya. Begitu pula yang terjadi dengan dunia game. Beberapa konsep modern yang bisa kita temui dalam game masa kini bermula dari sebuah ketidaksengajaan atau bahkan keteledoran para programmer dan staff game tersebut. Inilah beberapa ketidaksengajaan yang justru menciptakan hal-hal penting bagi revolusi industri video game.

Badan Seksi Lara Croft
http://hermawayne.blogspot.com
Memang game ini terkenal bukan karena ukuran dada Lara yang besar, namun karena ketidaksengajaan Toby Gard, sang desainer karakter Lara Croft, karakter ciptaannya ini menjadi karakter simbol sex terkenal hingga sekarang. Toby Gard, tengah mengutak-atik desain poligon karakter utama Tomb Raider ini, ketika mousenya kepeleset sehingga mengakibatkan bagian dada wanita ini menjadi berukuran lebih besar 150 persen dari ukuran yang seharusnya. Kecacatan ini ternyata justru dipertahankan karena staff-staff lainnya (yang laki) meminta dirinya tidak merubah ukuran cup Lara.

Setelah game ini diluncurkan dan ternyata booming di masyarakat, munculah quote baru dari tim pembuat game ini, "Kecelakaan desain '150' Gard, membuat pemilihan strategi marketing jadi cukup mudah."

Game Balapan Cikal Bakal Grand Theft Auto
http://hermawayne.blogspot.com
DMA Design, yang sekarang telah berganti nama menjadi Rockstar Games sedang mengerjakan sebuah game balap bertajuk Race and Chase. Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tidak menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yang membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus-menerus menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan. Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasykan melihat kejar-kejaran brutal yang terjadi di dalam game.

Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dengan judul Grand Theft Auto, yang hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik dan paling sukses yang pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tidak bisa membuat AI polisi dengan baik.

Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
http://hermawayne.blogspot.com
Pada tahun 1978, game ini bisa dibilang sangat revolusioner, bahkan seroang pentolan Nintendo, Shigeru Miyamoto, mengatakan game ini menimbulkan revolusi industri game. Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yang berbaris dengan konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis. Tak disangka, jumlah alien yang semakin menipis ternyata membuat kinerja processor menjadi semakin lega. Akibatnya FPS (frame per second) game ini menjadi lebih baik, dan alien-alien retro tersebut menjadi berjingkatan lebih cepat sehingga makin sulit untuk ditembak.

Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus untuk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu. Nah, ketidakstabilan performa yang mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adalah game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.

Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
http://hermawayne.blogspot.com
Awal tahun 80-an, Atari masih merupakan perusahaan kelas teri. Kebanyakan game dibuat hanya oleh 1 orang dan bahkan nama mereka tidak dicantumkan dalam creditnya. Salah satu kreator game, Warren Robinett yang bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif untuk mengukir namanya diam-diam di dalam game yang ia buat. Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yang mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap kedip.

Ia memutuskan untuk memanfaatkan kekurangan ini dengan menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna. Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan yang membawa kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap-kedip akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yang bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dengan tulisan "Created by Warren Robinett".

Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.

Sistem Combo yang Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
http://hermawayne.blogspot.com
Ketika membangun game Street Fighter II, produser Noritaka Funamizu menyadari adanya bug dimana pemain dapat melayangkan 2 pukulan tambahan dalam sebuah gerakan. Ia menemukannya dalam stage bonus menghancurkan kendaraan (Gamer generasi konsol Sega pasti tahu dengan yang satu ini). Apabila pemain menekan tombol dengan waktu yang tepat, ia akan mengeluarkan beberapa pukulan tambahan. Dan tentu saja dalam game multi player semacam ini, pemain yang berhasil mengeskploitasi bug ini akan mendapat keuntungan lebih.

Noritaka membiarkan bug ini tetap ada karena menyangka terlalu sulit bagi pemain untuk menemukan bug ini. Staff yang lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yang terus berlanjut hingga sekarang.

Programmer Yang Payah Dalam Bermain Game Memperkenalkan Kode Konami
http://hermawayne.blogspot.com
Kazuhisa Hashimoto, salah serorang dari pencipta game super duper sulit, Gradius, frustasi ketika pesawatnya hancur tanpa kesudahan ketika ia menguji game yang ia kerjakan sendiri. Ia lalu berpikir, "Bodo amat, kan gue programmernya!" Ia pun menciptakan sebuah kode yang apabila ditekan seseuai urutan akan memberinya semua power-up, sehingga ia pun bisa melanjutkan testing permainannya dengan riang gembira.

Dan hingga game ini diluncurkan, ia tak menghapus kode rahasia ini. Kode game inilah yang sangat terkenal ketika itu dengan sebutan Kode Konami (atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Start). Bagi yang dulu pernah bermain game Contra, pasti bohong kalo bilang pernah namatin game ini dari awal tanpa mengenal kode di atas.

Yup, inilah asal muasal kode legendaris ini beredar. Kini Kode Konami bisa dijumpai di berbagai macam tempat di dunia maya.

10 hal yang paling banyak dicari di Google Search pada tahun 2011

10 hal yang paling banyak dicari di Google Search pada tahun 2011
Sebentar lagi kita siap melepas tahun 2011, ditahun ini banyak hal hal menarik bermunculan khususnya diranah teknologi, sosial humaniora dan persimpangannya. Sesuatu yang menjadi tren dan masuk ke top search Google sudah tentu merupakan hal yang paling menyita perhatian, bukan saja dibicarakan tapi juga memaksa mereka untuk mengetahui lebih dalam lewat Google search. Nah jadi hal apa yang paling sering dicari di tahun 2011?
Seperti di tahun tahun sebelumnya Google Zeitgeist 2011 hadir dengan data 10 hal teratas  yang paling banyak dicari di Google Search pada tahun 2011. Data data yang disajikan menampilkan berbagai trend dan segmentasi khusunya secara global dan regional (sayang Indonesia belum disertakan).

iPad 2

ipad2
iPad 2 merupakan produk generasi kedua dari apple. iPad 2 hadir dengan banyak menambah sejumlah kelengkapan khusunya dari sisi entertainment dari sisi camera. Mesnghasilkan penjualan sebanyak 500 ribu, iPad 2 sukses terjual hanya pada minggu pertama khusunya via pemesanan online sebelum tersedia dipasaran.
top searches ipad two 350x257
Statistik Pencarian:
  • Angka pencarian naik 939% dibandingkan tahun 2010 dengan kata kunci “iPad2?.
  • Tanggal 27 Februari 2011 merupakan hits tertinggi yang didapat oleh Apple, dan ini adalah 2 minggu sebelum mereka menjualnya di pasaran.
  • Tingginya pencarian iPad 2 pada Google berlangsung hingga tanggal 5 Maret 2011.
  • Kata kunci pencarian sejenis yang juga bersinar adalah apple ipad (18%), apple ipad 2 (17%), ipad 2 jailbreak (12%), jailbreak (11%), jailbreak ipad (11%)
Apple yang menganut sistem terpadu dan mengutamakan usability design memberi dampak sistemik pada kesuksessannya, bahwa iPad 2 merupakan gadget yang paling banyak dicari di toko-toko retail diseluruh dunia. Dan satu cerita unik di Cina, bahwa seorang remaja disana rela untuk menjual ginjalnya hanya untuk dapat membeli iPad 2. Hmm.. sepertinya inilah yang membedakan iDevice dengan device besutan pengembang pada umumnya.

#iSad: Steve Jobs

steve jobs
Steve Jobs menginspirasi banyak orang di dunia dimulai karena inovasi teknologi yang dikombinasikan dengan zen, kemudian bertindak bagaimana menjadi seorang CEO mengelola perusahaan. Steve Jobs adalah orang dibalik kesuksesan Apple yang mampu melahirkan produk-produk hebat seperti Mac PowerBook, iBook, iPod, Iphone hingga iPad.
top searches steve jobs 350x229 
Statistik Pencarian:
  • Pencarian tentang Steve Jobs naik sebesar 982% di tahun 2011.
  • Angka pencarian meningkat tanggal 2 Oktober 2011 ketika Steve Jobs dalam kondisi kritis karena sakit kanker pankreas yang dideritanya sejak lama.
  • Kata kunci yang berkaitan dengan Steve Jobs: apple steve jobs (28%), bill gates (13%), steve jobs iphone (10%), steve jobs died (8%), steve jobs dead (8%).
Tanggal 5 Oktober 2011, steve jobs meninggal dan hal ini menyebabkan statistik pencarian semakin meningkat. Steve Jobs juga menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di twitter di akhir akhir tahun 2011 ini.

Rumor: iPhone 5

iphone5
Next iPhone ini dia salah satu gadget yang paling banyak dicari, khususnya rumor kemunculan iPhone 5Smartphone besutan Apple ini memang layak dinantikan bukan saja karna memiliki perbedaan usability dengan banyak smarthphone pada umumnya tapi oleh banyak orang sudah dianggap layaknya atribut fashion. Hingga artikel ini ditulis sudah banyak isu yang beredar mengenai bentuk, aplikasi dan kecanggihan akan melekat pada gadget ini. Gadget yang bisa dibilang menjadi ujian pertama bagi Tim Cook.
top searches iphone five 350x243 
Statistik Pencarian:
  • Pencarian terpopuler ada pada kata kunci “iphone 5?  karena diyakini bahwa Apple tetap akan menggunakan nama iPhone pada kelanjutan generasi iPhone.
  • Dalam rentang waktu 2010 hingga 2011 kenaikan angka pencarian mencapai 1658%.
  • Hits tertinggi terjadi pada tanggal 25 September 2011 dan ini sekitar satu minggu sebelum Apple mengumumkan kemunculan iPhone 4S pada konferensi pers di markas besar Apple di Cupertino, California.
  • Kata kunci populer sejenis: iPhone 5 release (21%), iPhone 4 (20%), apple iphone 5 (11%), apple iphone (11%), ios 5 (9%).
Tingginya publikasi pemerhati teknologi tentang kemunculan iPhone 5 memicu gelombang pencarian yang sangat banyak hingga akhirnya iPhone ternyata hanya merilis produk barunya yaitu iPhone 4S yang berorientasi pada perbaikan versi sebelumnya, iPhone 4G. Oh ya, kabarnya penamaan iPhone 4S didedikasikan untuk steve Jobs.

BattleField 3

battlefield3
Jika Anda termasuk yang menikmati game maka pastinya Anda pernah mencari game yang satu ini “Battlefield 3″ dari Electronic Arts. Terjual hingga 5 juta kopi hanya pada minggu pertama sejak dirilis – diluar yang dibajak lho yah. Battlefield 3 adalah game berjenis first-person shooter menjadi hits tahun 2011 ini dan menjadi game yang paling sering dicari via Google. Berikut statistiknya:
top searches battlefield three 350x226 
Statistik Pencarian:
  • Kenaikan sebesar 1773% terjadi antara rentang waktu tahun 2010 hingga 2011 ini dengan kata kunci “battlefield 3? dan juga “BF3?.
  • Mencapai puncak tertingginya pada 23 Oktober 2011 lalu dan tanggal itu bertepatan dengan diluncurkannya game ini ke pasaran di Amerika Serikat dan Inggris.
  • Kata kunci lain adalah: beta battlefield 3 (20%), battlefield 2 (16%), battlefield 3 pc (10%), download battlefield 3 (8%), battlelfield 3 release (8%).
Tingkat atensi pencarian Battlefield 3 ternyata mampu mengungguli rival beratnya yaitu Call of Duty: Modern Warfare besutan Activision yang sudah memiliki beberapa hits version di tahun sebelumnya.

Google + Social Network

google plus circle
Google+ merupakan platform jejaring sosial besutan Google untuk menandingi kekuatan Facebook. Google+ sukses memberikan rasa yang berbeda khusunya dengan circle concept yang membagi setiap teman yang akan kita Add dalam bagian bagian segmentasi, mulai dari teman dekat, kolega, hingga yang hanya teman saja.
Dengan gaya khas Google yang memberikan invitation bagi calon penggunanya memberikan word of mouth yang luar biasa, yang pada akhirnya menjadikan Google + dengan berbagai variasi keywordnya paling sering dicari.
top searches google plus 350x231 
Statistik Pencarian:
  • Lebih dari 10.000% pencarian tentang “Google+” dan “Google Plus” dilakukan via mesin cari Google.
  • Pada 10 Juli 2011 pencarian mencapai puncaknya, ini berarti hampir dua minggu sejak pertama kali dirilis untuk kalangan terbatas.
  • Pada 20 September 2011 sekali lagi mendapatkan hits yang luar biasa ketika Google mengumumkan bahwa pendaftaran telah dibuka untuk umum.
  • Kata kunci populer lain adalah: google + (19%), google earth plus (15%), google plus facebook (13%), google chrome plus (9%), chrome plus (9%).
Sekali lagi dengan gaya pemasaran bertahap ala Google, mereka mampu menjadikan Google+ sebagai trend untuk para selebriti dengan banyaknya akun baru dibuat oleh mereka dan menjadikan Google+ sebagai pusat aktivitas teknologi terkini Google. Pertanyaanya besarnya, apakah Google + akan mampu menjadi ruang komunikasi baru? atau gugur layaknya Google Wave.
Beberapa hits pencarian lainnya meliputi Rebecca Black (seorang musisi yang masih sangat muda berusia 13 tahun), Ryan Dunn (meninggalnya pembawa acara reality show “Jackass” dan “Viva La Bam”), Casey Anthony (pembuhan atas anaknya sendiri), Adele (Musisi asal Inggris yang merajai tangga musik di Inggris no.1 selama 16 minggu berturut-turut) Tsunami & Gempa Bumi Jepang (gempa yang sangat dahsyat dengan kekuatan 9.0 skala richter). Bisa kalian nikmati di Google Zeitgeist 2011