Perkembangan ICT di Sekolah (SMPN 1 Padang)
(asalkamutahuaja-harryfiqi)-Globalisasi dan Modernisasi. 2 kata itu, mungkin udah gak asing lagi kita dengar. Karena hari ini, hal tersebut sedang kita rasakan, kita lakukan, bahkan kita yang langsung membuatnya. Nah, ICT(Information,Communication , and Technology) termasuk salah satu dampak dari terjadinya globalisasi dan modernisasi tersebut. Dewasa ini, ICT sudah gak merupakan hal yang aneh lagi buat kita. Karena, hampir seluruh kalangan, instansi, dan seluruh golongan, baik tua, muda, bahkan anak-anak sekalipun udah menjadi bagian dari ICT. ICT pada saat ini, bisa dikatakan sebagai sahabat terdekat ummat manusia. Karena, tiada hari tanpa ICT. Setiap waktu ummat manusia menggeluti ICT. Hal itu bisa kita lihat di berbagai penjuru dunia. Berbagai macam peralatan ICT yang digunakan oleh banyak orang. Tentu saja, hal tersebut digunakan untuk mempermudah segala macam aktifitas hidupnya.
Hmmmm… by the way, ngebahas tentang ICT, kita kan belum tau nih, apa sih sebenarnya ICT itu. Sebagaimana yang udah dicantumkan diatas, ICT merupakan kependekan dari Information (informasi), Communication (komunikasi), dan Technology (Teknologi). Dimana ICT berkaitan dengan bagaimana informasi dapat dishare keberbagai pihak yang membutuhkan dengan cara yang baik dan benar, apakah menyangkut aspek teknologi komputer, ataupun aspek teknologi komputernya.
Marilah kita coba mengetahui kedua aspek tersebut :
1. Teknologi Komputer
Teknologi sendiri merupakan Hasil karya cipta manusia guna memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri, yang mempunyai nilai lebih. Sedangkan menurut Van Neumann, bapaknya komputer, komputer adalah sebuah sistem atau kumpulan alat-alat atau teknologi yang terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
a. Hardware (Perangkat keras) terdiri dari :
v Teknologi Harddisk, meliputi ukuran dan kualitas harddisk. Misalkan,apabila kita menggunakan hardisk pada server maka otomatis teknologi yang kita gunakan harus berukuran lebih besar dari pada hardisk yang tersedia pada PC dan Laptop pada umumnya.
v Teknologi Mouse
v Teknologi Processor
b. Teknologi Software (Perangkat Lunak)
Meliputi sistem operasi dan aplikasi-aplikasi. Apakah teknologinya tidak mudah terkena virus atau malah sebaliknya, maka harus dipilih software dan aplikasi yang tidak gampang kena virus.
2. Teknologi komunikasi
Komunikasi merupakan pertukaran informasi dari dua pihak atau lebih.
Teknologi yang digunakan meliputi sistem pentranmisian dan media-media yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Gambaran secara umum:
Sumber transmitter sistem transmisi receiver tujuan
Sumber:
Menghasilkan data bisa berupa komputer, hp , tv, dan alat elektronik lainnya
Transmitter:
Media pengirim data.
System transmiter: sistem yang mengatur pentransmisian data seperti tower
Tujuan: bisa berupa komputer, hp, tv, dll
Saat sekarang ini, udah banyak peralatan teknologi canggih yang bisa dilihat, didapatkan dan digunakan. Mulai dari teknologi sederhana sampai yang memiliki tingkat kecanggihan dan kesulitan tinggi. Seperti radio, televisi, hp, telfon kabel, jaringan 3G, komputer, internet, dll.
Namun keberadaan ICT saat ini, tidak luput dari perkembangan zaman. ICT mengalami perubahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik dan canggih dari waktu ke waktu. Karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya perubahan sosial budaya, inovasi baru dari masyarakat, kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat, pengaruh budaya lain, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang berpengaruh terhadap perubahan dan perkembangan ICT
Oke, sekarang kita telah mengetahui sekelumit tentang ICT. But, wait wait wait.. Kita belum mengetahui bagaimana perkembangan ICT disekolah.
Yuk. Kita cari tau!
Di era globalisasi ini, jika kita tidak mengikuti arus, maka kita akan ketinggalan. Jadi, hari ini sesuatu apapun dikatakan ketinggalan jaman, apabila tidak menggunakan peralatan ICT. Tapi, jangan sampai salah kaprah. Penggunaan ICT harus kita gunakan untuk hal-hal yang positif, jangan sekali-sekali kita menyalah gunakan ICT untuk hal-hal yang cendrung merugikan diri kita dan orang lain. Yang penting kita harus memanfaatkan ICT didalam garis norma-norma yang berlaku. Baik itu agama, hukum, dan kesusilaan.
Nah, yang namanya dunia, gak ada satupun yang tetap. Semuanya akan berubah. Dari kecil jadi besar, Dari gak ada jadi ada, dll. Begitu juga dengan ICT. ICT akan selalu berubah dan berkembang setiap waktu. Apalagi semenjak era globalisasi ini. Wuih… Gak kebayang lagi perubahannya. Bisa dikatakan, perubahan pada ICT terjadi tiap tahun. Dulunya Hp pertama keluar ukurannya gede, jadul, lola dll. Tapi hari ini, hp-hp canggih sudah menjamur diseluruh dunia. Dahulu harga hape lama mahal banget. Tapi , sekarang hape-hape canggih sudah bisa dimiliki oleh semua kalangan, baik kaya maupun miskin. Sama hal nya dengan peralatan ICT lainnya. Yang mengalami perubahan tiap waktu. Bahkan , para ahli, ilmuwan-ilmuwan yang berfikir innovatif selalu memikirkan hal-hal baru yang akan mereka ciptakan, dan nantinya dapat berguna bagi ummat manusia di dunia.
Hmmm.. Berarti kesimpulannya ICT itu diperlukan dan mengalami perubahan. Apalagi kalau disekolah. Instansi/ Lembaga sekolah hari ini sudah memanfaatkan ICT secara maksimal. Mungkin , hanya sekolah-sekolah di desa atau pedalaman yang kurang maksimal memanfaatkan ICT. Tapi, dikota-kota besar di dunia, hampir tidak ada satupun sekolah yang tidak menggunakan ICT secara maksimal.
Pada Artikel ini, kita akan mengetahui bagaimana perkembangan ICT di SMPN 1 Padang.
SMPN 1 Padang awalnya bernama MULO(Meer Uitgebreid Lager Onderwijs). Berdiri sekitar tahun 1900-an saat pemerintah kolonial Belanda dengan politik etisnya membuka sekolah MULO yang setara dengan SMP dan diperuntukkan untuk anak-anak keturunan Belanda dan masyarakat pribumi pada umumnya. Pada saat itu, memang fasilitas-fasilitas nya masih sangat terbatas, karena MULO berdiri saat zaman penjajahan. Dimana, ICT yang sudah diciptakan pada masa itu belum masuk ke Indonesia, terutama di Padang. Namun , karena sekolah ini dibuka oleh Belanda, fasilitas yang disediakan sedikit lebih unggul dibanding sekolah-sekolah lain pada waktu itu. Gedung sekolah yang bergaya arsitektur Belanda yang ditempati MULO saat itu persis merupakan gedung sekolah yang ditempati oleh SMP 1 Padang saat ini meski beberapa kali mengalami renovasi dan perbaikan. Hingga saat ini, gedung sekolah tersebut masih kokoh berdiri dan menjadi bangunan bersejarah yang dilingdungi keasliannya.
Nah, selama masa pergerakan nasional, MULO menjadi sekolah dari banyak tokoh nasional yang udah berkecimpung dan ikut ambil andil pada perjuangan merebut kemerdekaan. Diantaranya, Prokalamator RI Mohammad Hatta(1919) dan Perdana Menteri RI Mohammad Natsir(1927).
Pada masa kependudukan Jepang, MULO yang terletak di Jalan Belatung (nama lama Jalan Sudirman) ini berubah menjadi Tyu Gakko (SMP Putera). Setelah Indonesia merdeka, selama beberapa tahun saat perang kemerdekaan, penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini tidak berjalan. Tampaknya gedung sekolah berubah fungsi menjadi basis para pejuang mempertahankan kota dari serbuan tentara sekutu.
Lalu, pada tanggal 2 Januari 1950, penyelenggaraan pendidikan kembali berjalan saat SMP PERMINDO(Perguruan Menengah Indonesia) yang pada awalnya bertempat di Gedung Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) Jati, Padang Timur dipindahkan kegedung Sekolah MULO. SMP PERMINDO sendiri merupakan sekolah yang didirikan para pejuang pada 2 Mei 1949 dan jauh sebelum itu pernah menjadi sebuah sekolah agama yang sangat terkenal dulunya di Sumatera Barat. Sebagai peringatan kepindahan SMP PERMINDO dari Jati ke Jalan Sudirman, ditanamlah Pohon Jati dipekarangan sekolah yang masih tumbuh sampai sekarang.
Sesuai SK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 536 B, pada tanggal 1 April 1950, SMP PERMINDO yang telah berlokasi di Jalan Sudirman berubah nama menjadi SMP Negeri 1 Padang. Namun karena peningkatan jumlah siswa, pada tahun 1952 sekolah menengah pertama negeri satu-satunya di kota Padang ini, dipecah menjadi dua sekolah. Yaitu SMPN 1 Padang dan SMPN 5 Padang. Mulai tahun ajaran 1994/1995 SMPN 1 Padang berubah nama menjadi SLTPN 1 Padang. Namun pada tahun ajaran 2004/2005 kembali menjadi SMPN 1 Padang.
Sebagai sekolah tertua dan terbaik di Kota Padang, bahkan Provinsi Sumatera Barat, SMPN 1 Padang terus meningkatkan mutu dan kualitasnya. Pada tahun 2005, SMPN 1 Padang telah menjadi Sekolah Standar Nasional(SSN) dan tidak beberapa lama berkembang menjadi Sekolah Nasional Bertaraf Internasional. Dimasa kepemimpinan Drs. Ahmad Nurben sebagai Kepala Sekolah, sejak tahun 2007 SMPN 1 Padang menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional(RSBI). Selain itu fasilitas sekolah termasuk ICT, terus dilengkapi. Seperti pembangunan dua gedung baru berlantai tiga untuk penempatan ruang aula,laboratorium bahasa, laboratorium komputer, dan sebagainya. Karena pada tahun 2009/2010, SMPN 1 Padang secara penuh telah membuka kelas RSBI, dan rencana beberapa tahun ke depan, jika bisa melewati masa penilaian dan evaluasi RSBI , SMPN1 Padang akan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), maka akhir-akhir ini SMPN 1 Padang, giat untuk memberikan fasilitas-fasilitas ICT terbaru untuk proses belajar mengajar atau proses lainnya.
Nah, kira-kira, apa-apa aja ya?,, Yuk kita simak informasi-informasi dari beberapa narasumber berikut ini
Alhamdulillah, dari tahun ke tahun selalu ada perkembangan ICT di SMPN 1 Padang, baik dari segi kuantitas, maupun segi kualitasnya. Contohnya, dahulu, peralatan ICT khususnya untuk pembelajaran TIK, hanya ada 20 Komputer dan itupun maximal, hanya setara pentium 2.88. Tapi, sekarang rata-rata sudah Dual Core, sudah ada internet, sudah ada LAN dan WiFi, dan juga masih adal agi terdapat pada labor bahasa dan ruang multimedia yang ada di Ruang Perpustakaan SMPN 1 Padang. Nah, selain itu, pembelajaran ICT di SMPN 1 Padang dimulai pada tahun 2004 sampai sekarang. Dan, materi tentang ICT disesuaikan dengan kurikulum MGMP TIK di Kota Padang. Untuk kelas RSBI, disediakan Buku Modul TIK yang berisi tentang Materi dan Soal-soal latihan.
Said,
Peralatan ICT di Spensa mulai digunakan pada tahun 2004. Yaitu dengan adanya fasilitas komputer di labor komputer. Setelah itu menyusul yang lain , seperti komputer pada masing-masing kelas, CCTV, OHP, dll.
Faiz Abdurrahman(Ketua OSIS SMPN 1 Padang 2010/2011)
ICT yang difungsikan SMPN 1 Padang hari ini sudah melebihi batas garis lumayan atau bisa dikatakan Sangat Bagus. Hanya saja tinggal fasilitas-fasilitas yang mendukung adanya peralatan ICT tersebut lebih ditingkatkan lagi, seperti ruangan laboratorium nya agak lebih ditingkatkan lagi tingkat kenyamananya, agar teman-teman dapat merasa lebih betah di dalam labor. Sehingga tujuan dari pemakaian peralatan ICT tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Ratu Shavira (Bendahara OSIS SMPN 1 Padang 2010/2011)
Hmmm.. Perkembangan ICT disini sedikit lagi mencapai titik puncak maksimal. Karena berbagai peralatan canggih sudah disediakan disini. Apalagi, sekarang sudah disediakan CCTV dan absen sidik jari. Luar Biasa deh pokoknya.
Hmmm.. Perkembangan ICT disini sedikit lagi mencapai titik puncak maksimal. Karena berbagai peralatan canggih sudah disediakan disini. Apalagi, sekarang sudah disediakan CCTV dan absen sidik jari. Luar Biasa deh pokoknya.
Kereeeeeen.. -___-. Pokoknya keren deh. Kalau dibandingkan dari pertama aku masuk dulu , ampe sekarang, memang benar-benar banyak perbedaan dan penambahan fasilitas ICT. Itupun membuat teman-teman di Spensa semakin mencintai sekolahnya. Seperti jaringan wireless, kita tinggal bawa Laptop, internet nya langsung connect.
Said,
ICT yang berkembang di Spensa saat ini, udah menjadikan generasi yang modern yang telah mengikuti arus Globalisasi. Dengan menggunakan ICT, siswa dapat mengakses dan mendapatkan semua tentang dunia tanpa menggunakan cara-cara yang bikin ribet. Selain itu juga dapat memudahkan pekerjaan siswa
Dulunya, Karena saya belajar di Spensa saat baru-baru digunakan peralatan ICT, jadi, unit peralatan ICT tersebut masih kurang dan belum terlalu bekerja secara maksimal. Dulu , lebih banyak jadwal teori dari praktek. Namun, setelah saya amati saat sekarang ini, ternyata, problematika saat saya dulu, sudah di hapuskan oleh peralatan ICT yang sangat canggih dan lengkap seperti sekarang. Waah… jadinya saya kagum. Intinya perkembangan ICT saat saya sekolah dulu, dengan sekarang jauh sangat berbeda. SMP 1.. Amazing!!!!
Salsabila Tizmi (Siswa kelas IX F T.A 2010/2011)
Perkembangan ICT di Spensa cukup bagus. Tapi harus diperbaiki sebaik mungkin. Buat belajar, bukan Games. Hahahahahaa.. Tapi aku rasa, teman-teman semua udah bisa menggunakan peralatan ICT di Spensa dengan baik
Illona Putri (Alumni SMPN 1 Padang angkatan 2007, sekarang Mahasiswi UNP jurusan Pendidikan Kimia SBI Int)
Dengan adanya perkembangan ICT di Spensa, maka tentu saja manfaat yang dikandungnya juga akan semakin banyak, apalagi jika kita menggunakan dengan sebaik mungkin. Contohnya dengan adanya internet di kawasan Spensa, maka akan memudahkan segala proses belajar mengajar (PBM).
Oke, sekarang udah tau kan, gimana perkembangan ICT di SMPN 1 Padang. Hmm.. Haaaaa. Dear Reader, pasti kepengen tau kan , kayak apa sih sebenernya, fasilitas-fasilitas ICT yang ada di Spensa. Let’s check it out.I
1. Televisi
Digunakan untuk melihat Video-video pembelajaran
2. Speaker. Speaker ini dipasang disetiap kelas. Agar pengumuman yang disampaikan dapat terdengar jelas di masing-masing kelas
3. OHP(Infokus). Disetiap kelas terdapat satu infokus untuk mempresentasekan materi dalam proses belajar mengajar
4. Computer. Disetiap kelas diberi 2 komputer untuk penunjang proses belajar mengajar
5. Screen Layer. Sebagai media untuk menerima cahaya dan menampilkan cahay yang diterima tersebut
6. CCTV. Membantu mengawasi situasi dan kondisi saat proses belajar mengajar/ujian
7. AC(Air Conditioner) Pendingin Ruangan
8. Pemakaian Handycam.
Model(Anre)
9. Toa
Bel/serine tanda masuk,istirahat, pergantian jam belajar dan pulang.
10. Pemakaian Alat Pratiku
(asalkamutahuaja-harryfiqi)
No comments:
Post a Comment