UP
    Latest News

Cara Mengatur Agar Blog Blogspot Enak Diakses Melalui HP

Cara Mengatur Agar Blog Blogspot Enak Diakses Melalui HP
 Cara Mengatur Agar Blog Blogspot Enak Diakses Melalui HP. Postingan ini saya buat karena beberapa hari yang lalu teman saya minta diajarin bikin blog, tapi sayangnya dia nggak bawa laptop, dan lagi2 warnetnya rada jauh dari tempat pembicaraan. Tapi gak kehabisan ide euy, saya tahu kalau HP-nya bisa dibuat ngakses internet, lalu saya bilang aja agar main2 ke blog saya (melalui HP-nya) buat baca-baca trik-tips blogspot dan saya beri alamat blog saya. Karena penasaran dia langsung buka alamat blog saya (t4belajarblogger.blogspot.com)...lalu di tengah-tengah keingin tahuan tentang blogging, tiba-tiba teman saya ngeluh karena loading blog saya di HP-nya lambat sekali, akhirnya nggak jadi buka deh. Gara-gara kejadian itu saya jadi kepikiran, nyari cara sana-sini, dan seperti biasa...cara terakhir adalah pergi ke mbah dukun Google, dan akhirnya nemu banyak cara, ternyata salah satu solusinya ada di draft Blogger, oh ternyata...

Memang, seringan-ringannya blog yang biasa kita kunjungi lewat komputer maka lain ceritanya kalau ngunjunginya lewat HP alias Mobile. Oleh karena itu kita butuh beberapa settingan/pengaturan pada akun blogger kita agar setiap kali ada pengunjung yang ingin berkunjung ke blog kita maka dengan otomatis blog kita akan berubah menjadi blogspot versi mobile alias HP, dan tentu ini akan terasa lebih ringan dan lebih bagus tampilannya ketimbang yang versi biasa (komputer), dan lebih tentunya lagi pengunjung blog kita senang, hehehe... :D

Cara pengaturannya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan untuk berkunjung ke http://draft.blogger.com
2. Lalu pilih menu pengaturan

Cara Mengatur Agar Blog Blogspot Enak Diakses Melalui HP
3. Pilihlah tab menu "Email & Seluler"

4. Jika sudah, selanjutnya centanglah lingkaran "Ya, Pada perangkat seluler, tampilkan versi seluler template saya"

5. Langkah terakhir, klik Simpan Stelan pada bagian bawah halaman tersebut...

Dan sekarang, setiap kali ada teman atau seseorang yang berkunjung ke blog anda melalui HP, maka secara otomatis template blog anda akan berubah menjadi versi HP/mobile.


#Khusus pemakai Opera Mini
Cara Mengatur Agar Blog Blogspot Enak Diakses Melalui HP
Walau trik ini telah diterapkan, maka pengunjung dengan browser opera mini akan tetap melihat tampilan blog kita layaknya di komputer, lalu bagaimana caranya agar tampilannya friendly dgn HP? Caranya gampang, bagi si pengunjung bisa langsung mengetik format alamat blog kita ditambah "?m=1" contohnya seperti berikut

http://myhafiezers.blogspot.com/?m=1

(Klik DISINI untuk melihat contoh)
Maka tampilan blog kita akan menjadi versi mobile seperti yang kita harapkan...(ubah http://myhafiezers.blogspot.com/ dengan alamat blog blogspot yang ingin anda kunjungi). Bagaimana? Gampang bukan.....

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment